“The Mount of Mercy”

Jabal Rahmah berlokasi di bagian timur Padang Arafah di kota Mekkah.  Jabal Rahmah artinya bukit/gunung kasih sayang,  merupakan tempat pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawwa. Adam dan Hawwa dipisahkan dan diturunkan dari syurga oleh Allah selama bertahun-tahun setelah melanggar larangan Allah, yaitu  memakan buah khuldi. Konon Nabi Adam diturunkan di negeri India, sedangkan Siti Hawa diturunkan di Irak dan sebagian meyakini diturunkan di Jedah.  Setelah keduanya  memohon ampun, kemudian dipertemukan kembali oleh Allah di bukit ini.

jabal rahmah

Setelah berjalan dari tempat parkir yang cukup jauh, kemudian dibawah terik matahari dan suhu sekitar 40 derajat celcius, memanjat bukit batu tersebut untuk menuju puncak. Di bukit ini terdapat sebuah tugu peringatan berbentuk persegi empat. Sekitar butuh waktu 40 menit buat saya yang terengah-engah dari tempat parkir sampai ke puncak.  Sementara turunnya kami melalui anak tangga tidak melewati kembali batu terjal seperti pada saat naik. Tak terbayangkan bagaimana perjalanan dan pencarian Adam dan Hawwa yang terpisah jauh dan kemudian bertemu di tempat ini.

Tempat ini diyakini, salah satu tempat berdoa yang akan dikabulkan, sebagian besar doa-doa yang berkaitan dengan keluarga dan pasangan.

Jabal Rahmah juga merupakan tempat wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad SAW tatkala melakukan wukuf, tak berapa lama kemudian Rasulullah dipanggil menghadap oleh Allah SWT.

Jangan tanya apa doa saya saat itu yaaaaaa… rahasia dehh… hanya saya dan Allah yang tahu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s