Image
2

“Melihat Padang Gembala DESA BILA”

IMG_0665

Kunjungan berikutnya yaitu : PT Berdikari Union Livestock (BULI) , sebuah BUMN yang bergerak di bidang peternakan yang merupakan anak perusahaan dari PT Berdikari (Persero), berlokasi di Desa Bila, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Siddenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

IMG_0663

Perusahaan ini berdiri di areal yang cukup luas , yaitu 6.221 ha dengan jumlah karyawan sekitar 180 orang. Sebenarnya perusahaan ini sudah lama didirikan, pertama kali didirikan yaitu pada tahun 1971. Saat ini populasi ternak sapi yang ada lebih dari 7.500 ekor dengan ras utama yang dibiakan disini yaitu Brahman Cross. Sistem pemeliharaan ternak yaitu di gembalakan dengan sistem perkawinan utama melalui INKA.

IMG_0616

Tim diterima oleh Direktur dari PT Berdikari Union Livestock (Buli) yaitu Ibu Ria yang baru menjabat sebagai direktur di awal tahun 2013. Seorang wanita muda yang dengan sangat lugas dan penuh percaya diri menjelaskan konsep-konsep yang tengah dikerjakannya, memancarkan energi positif baru bagi tempat ini. Pimpinan baru tentunya berarti ide-ide baru yang siap direalisasikan, menurutnya saat ini ia tengah membuat padang gembala yang dibagi per 3.000 m2, yang cukup diisi oleh 150 ekor sapi. Disekitarnya akan dikelilingi oleh tanaman sorgum seluas dan rumput gajah. Sebagai sumber air dibuatkan satu buah bak penampungan air. Saat ini tengah dikembangkan tanaman sorgum pada lahan seluas 3.200 ha, selain sorgum juga dikembangkan tanaman jagung dan rumput gajah.

IMG_0585

Selain padang gembala, tempat ini juga memiliki sistem kandang yang dipergunakan untuk sapi-sapi yang dipandang perlu mendapat perhatian atau perlakuan khusus.

IMG_0636

Kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar peternakan yaitu pemberian ternak kepada 300 KK sebanyak 10 ekor sapi bunting per KK, untuk sapi kelahiran ke-2 harus dikembalikan ke PT. Buli, sedangkan anak pertama, ketiga dan selanjutnya serta induk menjadi milik peternak dengan catatan penjualan haruslah diutamakan ke PT. Buli kembali. Ada juga yang diberikan ternak berumur 8~15 bulan sebanyak 15 ekor per KK.

Dibawah ini, kawan kami dari Bidang Produksi Ternak dan Perencanaan Program tengah berdiskusi dengan Ibu Ria. Menurut Ibu Ria, ia selalu bekerjasama dengan profesor dan tenaga ahli diperguruan tinggi dalam menentukan strategi pengembangan yang akan diterapkannya.

IMG_0656

Well done and good luck Ibu Ria.. Terima kasih karena kita sudah belajar banyak dari anda dan tempat anda.

2 thoughts on ““Melihat Padang Gembala DESA BILA”

  1. Hi,
    “Melihat Padang Gembala DESA BILA” jadi tulisanyang menarik dan bermanfaat buat orang lain, terutama saya.
    Bisa dibayangkan, kalau Ibu Ria didukung dan ditiru banyak fihak, sehingga Indonesia bisa swasembada daging (sapi), dengan harga daging sapi yang wajar, bukan diatas Rp 100ribu/kg -seperti saat ini.(Apr-09, 2013).
    Btw, boleh tau email Ibu Ria atau ID lain (Fb, Twiter, HP, etc) untuk saya bisa berkomunikasi dengan beliau ??

    Semoga saya juga bisa belajar dan berkontribusi.
    Salam,
    Samsi.
    omsamsi@yahoo.co.id

  2. Halo

    tulisannya cukup menarik mengenai peternakan di desa bila ini. saya tertarik untuk belajar mengenai peternakan yang terintegrasi dengan perkebunan di perusahaan ini. bolehkah saya minta contact person orang yang bisa dihubungi jika ingin berkunjung kesana. jika berkenan mohon dikirim ke email saya
    renato91170@yahoo.com
    terimakasih

    salam
    Renato

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s