Image
0

“Menengok Showroom Sapi di Kabupaten Barru”

Kabupaten Barru berjarak 100 km dari Kota Makasar, terdiri dari 7 kecamatan, 41 desa dan 13 kelurahan. Menurut Kabid Produksi Ternak Kabupaten Barru, populasi sapi di Kabupaten Barru yaitu 60.784 ekor, dengan skala kepemilikan rata-rata sekitar 3,7 ekor. Kabupaten Barru selain merupakan wilayah pemurniaan sapi Bali yang ditetapkan melalui Perda juga merupakan daerah uji performens yang sudah memasuki tahun ke-4 dan merupakan pilot project BI untuk pengembangan kluster serta pewilayahan sumber bibit.

IMG_0510

Kita diajak untuk melihat salah satu showrom sapi di Kelurahan Lipukasi, kecamatan Tanete Rilau yaitu “showroom Duajeng II” . Konsep showroom ini  digunakan disini selain menjadi tempat transaksi ternak  juga  merupakan suatu usaha untuk memacu sistem pemeliharaan ternak di wilayah ini ke arah intensifikasi, yang tadinya dari penggembalaan menjadi sistem pengandangan. Hal ini berkaitan dengan usaha pemerintah daerah terkait dalam meningkatkan populasi ternak melalui optimalisasi Inseminasi Buatan maupun INKA dan peningkatan rekording. Didalam showroom ini minimum populasi ternak yang dikandangkan adalah 10 ekor. Showroom ini ada yang milik pribadi dan juga kelompok ternak. Showroom ini juga memudahkan pemerintah dalam introduksi teknologi pengembangan dan pola-pola pemeliharaan maupun pmbibitan yang lebih baik

IMG_0503Dibawah adalah foto kami bersama teman-teman, kebetulan bis tidak dapat lewat ke salah satu tempat yang kami kunjungi sehingga harus naik mobil kecil.

IMG_0530hhmmm… ga afdol sepertinya kalau tidak muncul foto penulis disetiap tulisannya … ha ha ha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s