“Sedang Patah Hati?”

broken-heart_0Hampir setiap  orang sekali dalam hidupnya pasti pernah mengalami yang namanya patah hati atau “Broken heart”, entah karena ditinggalkan oleh seseorang yang dicintainya ataupun karena harus meninggalkan seseorang yang dicintainya.

Hal ini terjadi bukan karena anda kurang cantik, kurang tampan, kurang sukses ataupun kurang sesuatu. Lihatlah Tom Cruise dan Katie Holmes atau Robert Pattinson dan Kristen Stewart, mereka tidak kurang cantik atau kurang tampan kan? Tidak pula kurang sukses atau terkenal, bukan? Tapi tetap harus mengalami yang namanya patah hati, maka dari itu jangan khawatir.

Patah hati memang bukanlah suatu perasaan yang menyenangkan, ketika anda mengalaminya dunia ini terasa seperti runtuh, limbung, kehilangan semangat untuk melakukan apapun dan tak tahu lagi arah tujuan hidup. Makan tidak enak dan tidurpun tidak nyenyak, yang ingin anda lakukan hanyalah menangis, mengurung diri dan menghindar dari keramaian.

Hal tersebut tentunya adalah perasaan manusiawi yang amat wajar. Anda akan merasa marah, sedih atau sakit. Sayapun pernah mengalaminya, lalu bagaimana cara melalui itu semua?

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah menerima kenyataan bahwa anda tidak dapat bersamanya lagi, hilangkan harapan atau impian bahwa anda berdua akan dapat kembali bersama, accepting it’s really over.  Beri waktu berkabung buat diri anda, janganlah anda berusaha menahan kesedihan, karena hal tersebut hanya akan memperlambat proses healing, bila perlu menangislah seharian penuh, keluarkan segala emosi dari dalam diri anda.

Namun setelah itu, jangan keterusan berkabung, waktunya bagi anda untuk kembali menata hidup anda. Larutkan diri anda dengan pekerjaan dan hobby anda. Meskipun “time will heal” namun perasaan sedih dan kehilangan tersebut tidak akan hilang dalam waktu satu atau dua hari tentunya, perasaan itu akan muncul sesekali. Share your feeling dengan sahabat dekat dan keluarga, atau jika itu tidak mungkin dilakukan maka tulislah semua perasaan anda dalam sebuah diary, namun yang terbaik adalah menceritakan semua yang ada rasakan pada-Nya setiap kali anda selesai sholat.

Seseorang merasa bersemangat dalam hidup karena memiliki goal, jadi wajar saja jika seseorang kehilangan semangat hidup ketika tidak lagi memiliki tujuan. Mungkin sebelumnya impian anda adalah dapat tetap bersama dia selamanya, ’till death do us apart seperti judul lagunya White Lion, sehingga ketika ia mengilang maka menghilang pulalah seluruh impian anda.

Untuk dapat mengembalikan kembali semangat hidup anda maka anda harus memiliki sebuah tujuan. Buatlah sebuah goal baru yang sederhana dan realistis untuk memecah pikiran anda agar tidak hanya memikirkan dia, misalnya anda ingin menurunkan berat badan 6 kg dalam 3 bulan, sehingga anda akan fokus untuk mencapainya  dengan berolahraga rutin dan menyusun pola makan yang lebih sehat. Berolahraga akan mengeluarkan energi berlebih dan merangsang mood anda, menurut beberapa penelitian berolah raga itu dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon endhorpin atau hormon happy dengan bahasa lain.

Untuk sementara waktu anda harus berhenti berhubungan dengannya dalam bentuk apapun, no contact, karena anda perlu waktu untuk memproses segalanya dan beradaptasi dengan situasi baru.

Pada umumnya orang akan menyarankan agar anda melupakan dia dan berhenti mencintainya. Namun menurut saya pribadi jangan paksakan diri anda untuk melupakan dia, hal itu hanya akan membuat anda semakin ingat padanya. Jika anda masih mencintainya, jangan juga paksakan diri anda untuk berhenti mencintainya, hal itu hanya akan membuat perasaan anda menjadi-jadi dan yang terpenting adalah jangan pernah menyalahkan diri anda sendiri atas apa yang telah terjadi, perlakukan diri anda dengan lembut dan penuh kasih sayang, lalu katakan pada diri anda sendiri :

“I know that today you think that you will never able to love anybody anymore because you only love him, you dont wanna be with anybody else because all you want is him… don’t worry.. you dont have to fall in love again or be with somebody if you dont want to, it is okai to be allone… dont be with someone just to satesfied other people, be with someone because you want to be.

I will never force you to forget him or force you to stop loving him, you can love him as long as you want to, and you can stop loving him anytime you want. Don’t bother with the thought whether he still loves you or not, it won’t make any different anyway, I know that you really love him and probably there is no other woman who love him as much as you do, but it’s ok.. it’s his loss not yours sweetheart, I’m proud of you, you are kind and really a true lover.

Andaipun dunia ini penuh sesak dengan orang-orang yang membohongimu, mengkhianatimu atau meninggalkanmu, namun tetaplah menjadi orang baik, tetaplah menjadi orang yang setia, tetaplah menjadi orang yang positif… jangan pernah mau membebani hati dan pikiranmu dengan hal negatif, hal itu hanya akan melelahkanmu. Tiada daun yang lepas dari ranting kecuali atas kuasa Allah. Tetaplah menjadi pecinta yang baik, yang dapat mencintai tanpa meminta balasan apapun, meski dari jauh kamu boleh tetap mencintainya selama kamu mau, berdoalah untuk kebahagiaannya, karena ketika seorang muslim mendoakan kebaikan untuk orang lain maka ia pun akan mendapatkan kebaikan yang sama….”

Dengan demikian maka hati anda akan terasa lebih tenang, tidak akan ada lagi ego yang terluka dan anda akan dapat segera kembali melanjutkan hidup anda dengan menyongsong masa depan yang lebih cerah tentunya.

Jangan lupa sesekali tidak ada salahnya untuk memanjakan diri anda sendiri, pergilah ke tempat spa atau perawatan diri, belilah sepasang sepatu yang ada suka, beberapa buah buku atau daftarkan diri anda pada kelas atau kursus tertentu.

Intinya, anda tidak boleh terlarut dalam kesedihan yang berkepanjangan, lebih baik anda meningkatkan kualitas diri luar dan dalam, pantaskan diri anda untuk mendapatkan yang  lebih baik.

Belajar berbahagia dengan kesendirian anda, karena jika anda tidak dapat berbahagia dengan diri anda sendiri maka anda tidak akan dapat berbahagia dengan orang lain. Lihat sisi baik dari kesendirian anda, anda dapat pergi kemanapun anda mau tanpa harus ribet, jika anda punya uang maka anda dapat membeli apapun yang anda mau tanpa ada konflik kepentingan dan andapun dapat menyelesaikan pekerjaan bahkan hingga larut sekalipun tanpa perlu khawatir ada yang terabaikan.

Jangan terburu-buru mencari cinta yang baru, fall in love only when you’re ready, not when you’re lonely, karena pada dasarnya orang yang disaat seperti itu paling membutuhkan cinta adalah diri anda sendiri. Jika anda tidak dapat mencintai diri sendiri dengan benar maka andapun tidak akan dapat mencintai orang lain dengan benar pula.

untitledUbahlah cara pandang anda terhadap dunia, lihatlah kehidupan dalam kerangka yang lebih besar, belajar dari pengalaman, sehingga anda akan menjadi lebih bijaksana dalam menjalani hubungan selanjutnya. Saya yakin. bahwa beberapa waktu kemudian anda bahkan akan lupa dengan alasan mengapa anda bersedih hari ini.

Semoga dapat membantu, selamat mencoba ladies …. !

“Letting go has never been easy, but holding on can be as difficult. Yet strength is measured not by holding on, but letting go.”- Len Santos

Kekuatan seseorang sesungguhnya bukan terletak pada kemampuannya mempertahankan melainkan pada kemampuan untuk melepaskan ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s