“Wu Ji Bi Fan”

Merasa sangat ketakutan dengan turnamen yang akan dihadapinya, anak muda belasan tahun itu berlatih terus menerus siang dan malam tanpa mengenal lelah, sampai suatu waktu gurunya mengatakan “Wu Ji Bi Fan”.

Itu merupakan cuplikan dari film Karate kid yang diperankan oleh Jacky Chen sebagai Mr. Han guru bella diri dari Xiao Dre yang diperankan oleh Jaden Smith.

Wu ji bi fan adalah bahasa mandarin yang artinya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik sekalipun hal tersebut tadinya adalah hal baik. Dalam film itu contohnya “berlatih”, itu adalah hal baik dan malah harus, namun ketika berlebihan maka menjadi tidak lagi baik.

Contoh lain dalam kehidupan misalnya makan dan tidur, manusia manapun tidak akan dapat melangsungkan hidup tanpa makan dan tidur. Manusia harus makan untuk memenuhi kebutuhan sumber energi, sumber nutrisi dan zat-zat penting lainnya yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Manusia membutuhkan tidur untuk beristirahat agar tubuh dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dan kembali fit setelah seharian beraktifitas.

Namun kedua hal penting tersebut diatas akan menjadi tidak baik ketika berlebihan, baik terlalu lapar ataupun terlalu kenyang, itu sebabnya kita disunahkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Sekarang tidur, terlalu sedikit tidur dan terlalu banyak tidur juga sama tƌk baiknya.

Terlalu banyak makan dapat menimbulkan berbagai persoalan, mulai dari obesitas sampai permasalahan kesehatan lainnya.

Bagaimana dengan bekerja ? Mencari nafkah bagi keluarga ? Melaksanakan tugas negara ?
Pastinya ada alasan mengapa hampir disemua belahan bumi ini jam bekerja per hari rata-rata adalah 8-9 jam. Ketika dua atau tiga kali dalam satu bulan anda bekerja lembur kemungkinan tubuh masih dapat bertoleransi, karena masih cukup waktu untuk recovery bagi tubuh. Namun bagaimana jika anda lembur setiap malam ?

Mungkin anda masih muda dan merasa kuat karena sudah terbiasa tidur larut malam, namun bagaimana dengan tubuh anda? Jika kita analogikan sebuah mobil yang sama-sama berumur 5 tahun, yang satu telah menempuh 200 ribu Km dan yang satu baru 50 ribu Km, kira-kira mana yang akan anda beli ? Kenapa ?

Berbicara umur memang itu hak mutlak Allah, namun sebagai manusia kita berkewajiban memelihara kualitas hidup.

Pada awal mulanya anda saking sayang kepada keluarga, ingin extra income lalu anda tiap malam overtime, apa tidak mungkin justru hal itu membuat kelak di usia anda yang masih produktif tubuh anda sudah terlalu lelah untuk bekerja dan keluarga anda harus mendapati anda early retire ?

Pada awalnya anda saking cintanya pada negara, selalu bekerja extra setiap malam, apa tidak mungkin hal itu justru akan membuat negara lebih cepat kehilangan seseorang yang memiliki dedikasi, loyalitas dan talenta luar biasa seperti anda ?

Saya mengerti, tidak ada orang yang ingin lembur sampai larut apalagi setiap hari, kalau boleh memilih lebih baik dirumah bersama keluarga kan ?

Namun setidaknya, jika kelak anda menjadi atasan, seseorang yang memiliki kendali, semoga hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan kebijakan.

*with ℓove for a better future*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s