“Kamu Tidak Pernah Tahu”

Jelekong adalah sebuah daerah di Kecamatan Bale Endah, Kabupaten Bandung, daerah ini cukup terkenal dengan lukisannya, hampir setiap orang di daerah ini dapat melukis, suatu kemampuan yang sifatnya turun temurun, entah semenjak kapan nenek moyang mereka mulai melukis dan entah pelukis terkenal siapa gerangan yang menurunkan kemampuan tersebut, namun secara genetik kemampuan ini diturunkan kepada anak cucuknya hingga generasi sekarang.

Sayangnya harga lukisan yang dibuat di daerah ini tidaklah mahal, hanya beberapa yang yang dihargai tinggi, hal ini disebabkan kebanyakan dari lukisan yang mereka buat tidak berdasarkan imaginasi, melainkan bergantung pada pasar, lukisan apa yang tengah laku di pasar maka itulah yang akan banyak dilukis, maka tidak heran jika ditemukan banyak jenis lukisan yang sama dan persis disana.

Suatu hari,  seorang pelukis tengah menyelesaikan lukisannya, lukisan ini adalah lukisan yang dipesan khusus oleh seorang artis ternama untuk dipajang di ruang tamunya, lukisan tersebut menghabiskan waktu hampir 3 bulan, terlihat sangat bagus walau baru 80% diselesaikannya,  sang pelukis  sangat senang dengan hasil karyanya dan terus memandangi lukisannya tersebut.  Sambil memandanginya pelukis tersebut berjalan mundur, ketika berjalan mundur pelukis tersebut tidak melihat ke belakang, dia terus berjalan mundur dan tanpa disadarinya dibelakang adalah jurang yang curam dan tinggal satu langkah lagi dia mengakhiri hidupnya.

Seseorang melihat pelukis tersebut dan hendak berteriak untuk memperingatkan pelukis tersebut, namun dia tidak melakukannya karena dia berpikir sekali dia berteriak pelukis tersebut malah bisa jatuh karena kaget. Kemudian dia memiliki ide lain, diambilnya kuas milik pelukis tersebut, segera dicelupkannya pada cat yang ada didepan lukisan tersebut lalu mencoret-coret lukisan terebut.

Pelukis tersebut sangatlah berang dan berlari sembari berteriak “Heiiii!!! apa yang kau lakukan?”, segera dipegangnya kerah baju orang tersebut dan hendak memukulnya, betapa tidak, hasil kerja yang dikaguminya selama 3 bulan tersebut dirusak oleh sapuan kuas orang bodoh tersebut pikirnya, beberapa orang yang ada disitu berusaha melerainya dan memperlihatkan posisi pelukis tadi yang nyaris jatuh.

Kadang-kadang kita telah melukiskan masa depan kita dengan sangat bagus dan memimpikan suatu hari yang indah bersama dengan pasangan yang kita idamkan, tetapi lukisan itu kelihatannya dirusak oleh Yang Maha Tahu, karena Tuhan melihat bahaya yang ada pada kita kalau kita melangkah. Kadang-kadang kita marah dan jengkel terhadap Tuhan atau juga terhadap orang lain yang menghancurkan mimpi indah kita, tapi kita tidak pernah tahu apa makna dibalik semua itu…

“Bisa jadi seseorang membenci sesuatu, padahal itu baik untuknya, dan mungkin seseorang mencintai sesuatu, padahal itu buruk untuknya.”

——————————————–

bahagia selalu buat aku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s